Diantara kereta eksekutif , kereta eksekutif ini masih menjadi ikon kereta eksekutif unggulan. Karenanya sekarang dipakai untuk KA Argo Bromo Anggrek. Bentuk kereta kelas satu Go green berbeda dengan kereta eksekutif lain nya. Desain eksterior maupun interior berbeda , jendelanya di desain model direct glazing sehingga dari jauh tampak seperti jendela kaca yang panjang. Secara dimensi , kereta yang di operasikan untuk KA Argo Bromo Anggrek ini memiliki panjang bodi sekitar 20918mm , lebar bodi 2990mm dan tinggi badan kereta 3700mm. Kereta berbahan bodi Monocoque Mild Steel ini berwarna dasar putih dengan kombinasi haris hijau dan bertuliskan Go Green dengan logo sehelai daun.
Spoiler for Foto Eksterior:
Inilah Eksterior dan Interior kereta kelas Argo. Lebhih lega, eksklusif , bersih dan harum. Kereta kelas argo ditandai dengan eksterior striping ombak. Desain interior nya lebih bagus dibandingkan dengan kereta Eksekutif campuran. Jendela nya berukuran lebih lebar dibandingkan kereta Eksekutif lain nya. Untuk kenyamanan penumpang , dilengkapi juga dengan sandaran kaki yang bisa diatur tinggi-rendahnya . AC yang digunakan benar benar AC khusus untuk kereta dengan temperatur 21-26 derajat celcius. Selain itu , setiap kursi juga tersedia charger listrik. Fasilitas lain nya yaitu: Audio-Video , lampu baca , rak penyimpanan barang bawaan dan toilet ramah lingkungan. Di setiap kereta juga terpasang pengharum ruangan
Spoiler for Eksterior:
Spoiler for Interior:
Salah satu keunikan dari kereta kelas eksekutif lain nya adalah jenis Argo new Image. Kereta ini berbeda dari lazim nya kereta eksekutif, terutama di bagian jendela yang berukuran lebih kecil serta rak bagasi di atas kursi yang dibuat tertutup seperti layaknya pesawat terbang. Tak hanya itu, meskipun jumlah toilet di kurangi satu tetapi sebagi pengganti disediakan ruang/rak bagasi yang luas sehingga penumpang yang membawa koper/barang bawaan banyak bisa disimpan di rak bagasi di ujung eks ruang toilet
Spoiler for Eksterior:
Spoiler for Interior:
Ciri khas nya warna biru-putih dengan jendela seukuran seperti kereta ekonomi dan berkode angka dua. Kalau dari urutan kelas , kereta kelas bisnis berada diurutan kedua sehingga kodenya berupa angka 2 atau K2. Dilihat dari luar kode 2 tertera jelas di bagian jendela toilet. Jumlah jendela utamanya sebanyak 11 buah dan 1 buah jendela untuk toilet. Sebelum AC-nisasi jendela kereta bisa dibuka namun setelah dipasangi AC jendela kereta tidak bisa di buka lagi
Spoiler for Eksterior:
Spoiler for Interior(sebelum pake AC):
Murah karena disubsidi pemerintah dan nyaman meskipun hanya dihembus AC split. Naik kereta ekonomi kini lebih nyaman. Meskipun keretanya masih banyak yang sudah tua, namun secara bertahap pemerintah melakukan penyegaran dengan memesan kereta ekonomi baru buatan dalam negeri (PT INKA Madiun). Kereta ekonomi yang beroprasi di Jawa Dan Sumatera paling tua mulai dinas tahun 1964. Tapi itu tinggal beberapa saja. Kereta ekonomi dibawah tahun 2010 masih didesain dengan kapasitas penumpang 106 orang dengan stamformasi 3-2. Namun sejak 2010, kereta ekonomi baru kapasitasnya diubah menjadi 80 tempat duduk saja dengan stamformasi 2-2.
Spoiler for Interior(Sebelum Pake AC):
Warnanya paling ramai namun khas. Tersebari di jawa dan sumatera barat. Tahun 2008 dan 2009, Ditjen KA menyerahkan kereta ekonomi baru dengan corak warna eksterior yang berbeda dari tahun sebelum nya , keluar dari pakem warna kereta ekonomi pada umumnya. Dikalangan Railfans (Pencinta kereta api), kereta keluaran tahun 2008 dan 2009 ini dijuluki kereta ekonomi "Nutrisari". Kereta buatan INKA Madiun ini miliki kapasitas penumpang sebanyak 106 kursi dengan stamformasi 2-3. fasilitas toilet tersedia di kedua ujung dekat bordes.
Spoiler for Eksterior:
Spoiler for Interior(Sebelum pake AC):
Angkutan lebaran tahun 2010 menjadi babak baru untuk AC-nisasi kereta ekonomi. Untuk mendukung sarana angkutan Lebaran 2010, pemerintah melalui Ditjen KA kembali menyerahkan kepada PT KAI sebanyak 1 set kereta ekonomi AC untuk di operasikan sebagai KA "Bogowonto" dengan relasi yaitu pasar senen - kutoarjo (sekarang pasar senen - lempuyangan). Kereta ekonomi produksi INKA madiun ini merupakan kereta ekonomi pertama yang di lengkapi AC "beneran" khusus kereta bukan AC Split/rumahan.
Spoiler for Eksterior:
Spoiler for Interior:
sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/52889bd7c1cb171e22000004/?utm_source=facebook&utm_medium=social&utm_content=forum&utm_campaign=regularpromo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar