Kamis, 20 November 2014

PENEMU PENEMU YANG MENGINSPIRASI

Penemu Listrik - Michael Faraday

Listrik merupakan salah satu kebutuhan penting dan sangat fundamental bagi manusia saat ini, listrik menjadi kebutuhan yang sangat vital sebagai sebuah energi bagi umat manusia di dunia. Penemu Listrik adalah Michael Faraday. Fenomena tentang kelistrikan pada awalnya telah ada sejak zaman Yunani, sejak Thales seorang Cendekiawan yang menemukan fenomena dari batu ambar yang digosok-gosok akan bisa menarik bulu. Seja saat itu kemudian bermunculanlah terori mengenai kelistrikan yang dikemukakan oleh Ampere, Michael Faraday, Oersted, Willian Gilbert, Charles De Coulomb, Joseph Priestley, dan lain-lain.

Dari banyak nama tersebut, ada satu nama Michael Faraday memiliki peran atau jasa paling besar dibidang kelistrikan dan magnet, Dari sinilah kemudian cikal bakal teori mengenai Listrik. Ia Bisa disebut sebagai penemu listrik pertama di dunia dan juga dikenal sebagai “Bapak Listrik”. Michael Faraday lahir di Inggris pada tanggal 22 September 1971, Memiliki seorang ayah tukang besi yang harus menafkahi kesepuluh anaknya. Karena itu tak heran ayahnya tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya termasuk juga Faraday. Di umur 14 th Faraday sudah membantu keluarganya dengan berkerja penjilidan buku serta menjual buku. Di saat senggang ia pun sempatkan untuk membaca bermacam macam buku, terutama buku tentang IPA, Kimia dan Fisika.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUqsx3RBNT2rHih0dAj1jLdEhZOoQC0wx-Jrjwh5TkVICkR5LKbKTynPgSNE1O9t-Z7L0HbEn-2Rl-H1IdmG2Pa_PyVIEpCi72cK5e-sRFP-CTu6UUGk_4wlmlj7G9jcCeY8rzLia6xuG9/s1600/Faraday.jpg

Diumur 20 tahun, iapun ikut mendengarkan sejumlah ceramah oleh ilmuwan inggris terkenal. Diantaranya ialah oleh Sir Humphry Davy yang merupakan ahli kimia dan juga seorang kepala laboratorium dari Royal Institution. Setiap ceramah yang diikutinya, Faraday selalu membuat suatu catatan dgn teliti kemudian menyalinnya lagi. Salinan catatan yang telah ia buat dengan rapi sedemekian rupa itulah yang ia kirim ke Humphry Davy dan dilampiri pula surat lemaran pekerjaan. Tertarik dengan hasil kerjanya, sang dosenpun mengangkat Faraday menjadi asistennya di Lab Universitas yang terkenal di kota London. Usianya pada saat itu baru 21 tahun.

Berada dibawah bimbingannya Davy, Faraday pun mengalami kemajuan yang pesat. Pada mulanya dia bekerja sbg pencuci botol saja, tapi karena gigihnya dalam belajar ia dalam waktu yang singkat membuat suatu penemuan baru hasil kreasi sendiri. Penemuannya itu berupa dua senyama kloro-karbon serta sukses membuat gas klorin seta gas lainnya menjadi cair. Karena kepandaianya itu, ia bisa berhubungan dgn ahli-ahli ternama seperti Andre Marie Ampere. Ia juga diajak oleh Davy untuk keliling Eropa bersama-sama, dimana dikesempatan itu ia mulai meningkatkan ilmu pengetahuan yang teoritis dan praktis.

Davy merupakan  sosok yang memiliki pengaruh besar pada pemikiran-pemikiran Faraday yang menghasilkan penemuan-penemuan listrik. Pada tahun 1821, Faraday mengemukakan sebuah penemuan pertamana yang penting didunia kelistrikan. 2 th sebelum tahun itu, Oersted sudah memecahkan bahwa jarum dari kompas magnet umumnya bisa beralih bila aliran listrik mengalir dikawat yg tak saling menjauhi. Atas temuan tersebut, Faraday membuat doktrin, bila magnet didekatkan, yg berjalan malah sang kawat. Bereaksi pada permikiran awal ini, ia sukses membangun sebuak rangkaian yg kentara dimana kawat bakal secara berkelanjutan memutar berapit dgn magnet selama aliran listrik masih mengalir dikawat.

Dalam kenyataan tersebut Faraday telah menciptakan motor listrik yg pertama didunia, yaitu sebuah rangkaian pertama yg memakai aliran listrik sebagai sumber penggerak benda. Bagaimanapun anggapan bahwa penemuannya primitif, tetapi tidak dapat dipungkiri merupakan cikal bakal atas seluruh motor listrik yg dipakai pada zaman sekarang. Semenjak temuannya yg pertama di tahun 1821, Michael Faraday yang merupakan seorang ilmuwan otodidak, mulai dikenal namanya. Penemuannya tersebut telah diakui menjadi gerbang utama menuju era modern kelistrikan.

Saat melakukan berbagai percoban di tahun 1831, sang penemu listrik mendapati bahwasannya apabila magnet dilewati potongan kawat, maka aliran listrik masuk ke kawat, yang kemudian magnetnya berjalan. Kondisi tersebut dinamai “pengaruh elektromagnetik” yg juga temuan tersebut diberi nama “Hukum Faraday”. Temuan tersebut diakui sbg temuan yg bersejarah. Kenapa? Satu, Hukum Faraday mempunyai makna besar dlm perpautannya dgn pemahaman teoritis kita ttg elektromagnetik. Dua, elektromagnetik bisa dipakai sbg pengerak yg secara berkelanjutan atas aliran arus listrik sebagaimana yg dipraktekkan Faraday ketika membuat dinamo listrik untuk pertama kalinya. Michael Faraday kemudian wafat pada tanggal 25 agustus 1867, dan dikebumikan di Inggris dekat dengan kota London. Nama Faraday diabadikan sebagai satuan kapasitansi yaitu farad (F) dalam ilmu fisika.

Referensi :

- http://elektronikadasar.info/penemu-listrik-pertama-yg-sebenarnya.html




Penemu Android - Andy Rubin
Di era teknologi yang semakin berkembang ini, Siapa yang tidak mengenal android, sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk perangkat dihampir semua merk smartphone karena bersifat open source. Penemu Android adalahAndy Rubin, yang merupakan pendiri Android Inc. Ia dijuluki sebagai “Bapak Android” si Robot Hijau yang fenomenal. Dari minatnya inilah setelah lulus kuliah ia kemudian secara tidak sengaja bertemu dengan Bill Caswell yang merupakan karyawan Apple yang kemudian mengajaknya bergabung, di Apple ia kemudian mengembangkan program WebTV, yang merupakan kolaborasi antara layanan Televisi dengan internet. Setelah itu tak lama kemudian pindah ke Microsoft dikarenakan Microsoft yang telah mengakuisisi Program WebTV.

Pada Tahun 1999, Andy Rubin memutuskan untuk keluar dari Artemis Research ( yang artinya keluar juga dari Microsoft ), lalu Andy Rubin membuka sebuah toko di Palo Alto, California. Andy Rubin menyebut toko miliknya sebagai laboratorium, dan disitu dia memiliki ide untuk membangun perusahaan dengan nama Danger Inc, Andy Rubin mendapatkan kesuksesan dengan perusahaan Danger Inc, dengan sebuah perangkat yang diberi nama Sidekick yang pada mulanya perangkat ini diberi nama Danger HipTop. Namun kesuksesan itu tidak terlalu berlangsung lama dan kemudian pada tahun 2004 Andy Rubin memutuskan untuk meninggalkan Danger Inc, lalu pada tahun 2008 Danger Inc dibeli oleh Microsoft dengan harga yang sangat besar, menurut info Microsoft membeli Danger Inc senilai 500 Juta Dollar.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhvXSFMZ5OYO37CKcKi3FtFH1wmEyBPffNnP-6A3Omq8LlSh4UV9fejG1DvNZHngl8xhiXgAgzjlF-VMMwi49nugRNC0J3A-QrPbTGp1DraFAZP-bzgsBYnRTrFXYZupuy0OCZK20l_zTQ6/s1600/346x214AndyRubinAndroid.jpg
                                      
Awal mula penemuan Android oleh Andy Rubin

Ketika tahun 2002 pada saat Andy Rubin memberikan kuliah, Larry Page dan Sergei Brin, pendiri Google juga hadir dalam kuliah itu dan setelah kuliah yang diberikan Andy Rubin selesai, Larry Page menemui Andy Rubin untuk melihat lebih dekat perangkat sidekick tersebut. Akhirnya Andy Rubin mendapatkan ide sederhanya dan ia mendirikan Android Inc yang berfokus untik menyediakan platform mobile yang handal dan open source sehingga bisa mendorong invoasi lebih cepat demi keuntungan pelanggan. dan pada Juli 2005, Perusahaan Andorid Inc pun di beli oleh Raksasa Google dan Andy Rubin pun ikut bergabung ke Google.

Bersama Google, Android diberikan kekuatan yang ekstra dan hingga saat ini sistem operasi Android memiliki berbagai inovasi yang membuat Android menjadi sistem operasi yang berjaya mengalahkan Apple yang memiliki sistem operasi iOS. dan merupakan OS yang paling mendominasi dan paling banyak digunakan diberbagai perangkat smartphone di dunia. Android berkembang sangat pesat dari tahun ke tahun. 

Referensi :

- http://technogadgetindonesia.blogspot.com/2013/03/andy-rubin-sang-bapak-android.html




Penemu Dinamit - Alfred Nobel
Jika kita mendengar kata dinamit pasti pikiran kita akan tertuju pada sebuah bahan peledak yang berbahaya, sebelumnya kata Nobel selalu dikaitkan dengan penghargaan kemanusiaan, tetapi tidak banyak yang mengetahui pemilik nama Nobel yang merupakan penggagas sekaligus penemu dinamit, dimana dinamit merupkan sebuah bahan berbahaya yang banyak digunakan sebagai peledak. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Penemu Dinamit yaitu Alfred Nobel. Alfred Nobel merupakan ilmuwan, penemu, pengusaha serta pendiri Penghargaan Nobel. Alfred lahir pada 21 Oktober 1833, di Stockhomlm, San Remo, Swedia.

Pada saat keluarga Alfred pindah ke Rusia, Alfred tidak bersekolah di sekolah umum melainkan belajar dirumah dengan mendatangkan guru pribadi. Di usia 16 tahun, ia telah menguasai ilmu kimia dan pandai menggunakan beberapa bahasa seperti Inggris, Jerman, Perancis dan Swedia. Di Rusia, ayah Alferd mendirikan pabrik torpedo dan ranjau, saat terjadi perang Krim pada tahun 1853 sampai 1856 pabrik ayahnya banyak memproduksi torpedo dan ranjau. Tetapi saat perang usai dan Rusia tidak membutuhkan torpedo dan ranjau, maka pabrik tersbeut bangkrut.

Penemu, Dinamit, Alfred Nobel
Setelah kebangkrutan tersebut, Alfred kembali ke Swedia dan mendirikan pabrik nitro gliserin dan bahan peledak cair. Namun pada tahun 1864, pabrik tersebut meledak dan menewaskan lima karyawannya termasuk sang adik. Karena kejadian tersebut maka pemerintah Swedia melarang Alfred membangun pabriknya kembali. Setelah itu ia melakukan penelitian untuk menaklukkan nitro gliserin.

Ia melihat nitro gliserin cair tersebut menetes ke tanah yang mengandung kapur, perpaduan tersebut membuat terciptanya dinamit yang sedikit aman. Alfred pun mulai memproduksinya sehingga ia menjadi kaya raya kembali. Penemuan tersebut di beri nama powdery mixture dynamite, setelah disempurnakan ia mematenkan penemuan tersebut pada tahun 1867. Bahan berdaya ledak tinggi tersebut lebih di kenal sebagai dinamit.

Dinamit buatan Alfred banyak digunakan di pertambangan dan militer, mereka menyukai dinamit buatan Alfred karena lebih aman, ledakannya dahsyat dan dapat di kontrol. Alfred membangun banyak pabrik dinamit di berbagai negara. Selain dinamit, pabriknya juga mulai memproduksi peledak yang lebih dahsyat dan ia semakin bertambah kaya dan terkenal. Di usia 40 tahun, ia telah menjadi orang terkaya se Eropa, namun ia lebih memilih untuk hidup menyendiri, tidak menikah.

Karir Alfred mulai hilang sejak menciptakan balliste, sebuah bahan peledak superior tanpa mengeluarkan asap yang dibuat untuk pertambangan. Penemuan tersebut bersamaan dengan ketidakstabilan hubungan militer Negara-negara Eropa, sehingga ia di usir dari Perancis dan citranya mulai hancur. Alfred memilih tinggal di sebuah villa yang ada di San Remo, di sana ia membuat sebuah laboratorium dan banyak melakukan penelitian hingga akhir hayatnya. 

Alfred meninggal pada 10 Desember 1896, pada usia 63 tahun. Ia meninggalkan surat warisan yang telah ia ubah setahun sebelum meninggal. Dalam surat warisan tersebut, ia menegaskan bila seluruh harta yang dimilikinya harus di gunakan untuk mendirikan yayasan dan diinvestasikan dalam bentuk saham. Laba yang diperoleh digunakan untuk dibagikan dalam bentuk penghargaan untuk orang yang berjasa besar bagi kemanusiaan. Surat wasiat tersebut membuat banyak orang menjadi terkejut. Alfred mendirikan Yayasan Hadiah Nobel pada tahun 1895. Penghargaan Nobel pertama dilakukan pada tahun 1901. Demikian penjelasan tentang sejarahpenemu dinamit yaitu Alfred Nobel. Di era sekarang ini dinamit temuan Alfred Nobel lebh banyak digunakan sebagai bahan peledak di pertambangan dan ada juga yang menggunakannya untuk tujuan militer. Semoga artikel ini dapat menjadi inspirasi kita dan menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi kita semua.




Penemu Facebook - Mark Zuckerberg
Boleh jadi facebook merupakan sebuah jejaring sosial yang paling fenomal di abad ini. Penggunanya yang banyak dan fitur-fiturnya yang menarik menjadikan ia sebagai jejaring sosial dengan pengguna terbanyak di jagat raya  yang kemudian melejitkan Penemu Facebook yaitu Mark Zurckerberg menjadi sosok yang populer dan serta membuatnya menjadi seorang milyarder baru di dunia. Cerita kesuksesan facebook ini dimulai ketika Mark Zuckerberg kuliah di Harvard University yang merupakan universitas terbaik di dunia di jurusan ilmu komputer. Ia pada mulanya membangun sebuah situs yang bernama facemash.com pada tanggal 28 Oktober 2003 dimana situs yang ia buat tersebut berisi foto-foto mahasiswa harvard yang didapatnya dari hasil meretas jaringan kampusnya sendiri dimana ia mengambil data-data pribadi mahasiswa yang kemudian ia pasang berdampingan dengan foto lain dimana pengunjung akan melakukan vote atau memilih mana foto yang terbaik.

Dari perbuatannya ini kemudian membuat situs yang ia buat menjadi populer di kalangan mahasiswa Harvard pada saat itu yang akhirnya membuat jaringan kampusnya lumpuh akibat perbuatan dari Mark Zuckerberg. Akibatnya bisa ditebak, ia kemudian di sidang dihadapan para pejabat kampus dan mendapatkan hukuman peringatan atas perbuatannya dalam hal pelanggaran hak cipta, privasi, hingga ia terancam drop out (kelak ia kemudian drop out sungguhan) dari kampusnya. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjITxKqF9tOXbhwGonShRXfElzuYegAcJr8258e37ezp12TrWfIQY3OkkV36jutYeqnibkV3v022xQRctYcKWvJK4VnlSf-uj9kFpImVdJhQ6Dujta6bXX1naoZbYOa7R_ZgfOCiPAzfyc0/s1600/Mark-Zuckerberg-Facebook-CEO-quotes.jpg

Dari perbuatannya tadi kemudian ia bertemu dengan Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra yang juga mahasiswa di Harvard yang kemudian menawarkan kerjasama dalam sebuah proyek yaitu membangun sebuah website jejaring sosial yang spesial yang khusus untuk para mahasiswa Harvard yang bernama HarvardConnection. Tetapi Mark Zuckerberg diam-diam membangun sendiri website jejaring sosial yang kelak dikenal sebagai facebook. Perbuatannya ini sama sekali tidak diketahui oleh rekan-rekannya yang menawarkan proyek tadi. Perlahan-lahan ia mendesain dan membangun websitenya sendiri, Mark Zuckerberg kemudian menghubungi Aaron J. Greenspan dan kemudian memintanya untuk  berkerja sama membangun website jejaring sosial yang ia buat secara diam-diam namun ternyata Aaron J. Greenspan menolak membantunya.

Kemudian di awal 2004 yaitu di bulan februari, website yang kelak menjadi cikal bakal facebook yang dikenal saat ini diluncurkan oleh Mark Zuckerberg. Ia menamakan websitenya The Facebook dengan nama domain thefacebook.com. Tujuan dari websitenya ini yaitu sebagai buku online untuk mahasiswa di lingkungan Harvard dan juga staf kampus, uniknya ia membangun websitenya ini dikamarnya sendiri yaitu di asrama harvard sebagai bagian dari sebuah tugas kuliah. Mark Zuckerberg memang dikenal cerdas di kampusnya. Dalam membangun websitenya ini, ia dibantu oleh teman-teman sekamarnya yaitu Dustin Moskovitz, Chris Hughes, Andrew McCollum dan  Eduardo Saverin. Tidak kurang dari 12 ribu mahasiwa Harvard mendaftar di website yang ia buat hanya dalam tempo sehari saja. yang kemudian dalam waktu sebulan lebih dari separuh mahasiswa yang belajar di Harvard sudah mempunyai halaman profil sendiri di situs buatan Mark Zuckerberg ini. 

Begitu mengetahui TheFacebook diluncurkan sekitar seminggu kemudian Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra yang dulu berkerjasama dalam membangun proyek HarvardConnection berbalik menuduh Mark Zuckerberg dengan tuduhan mencuri ide dari HarvardConnection yang mereka buat dan mengimplementasikannya kedalam situs TheFacebook.com. Akibatnya Trio HarvardConnection ini kemudian membuat tuntutan hukum kepada Mark Zuckerberg karena mencuri ide dari mereka. Selama 4 tahun kasus ini berada di pengadilan dan akhirnya terselesaikan dengan jalan dimana Mark Zuckerberg yang merupakan penemu dari facebook membayar sejumlah uang dan juga memberikan sebagian saham dari facebook kepada Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss serta Divya Narendra sehingga masalah dinyatakan selesai.

Kurang dari sebulan setelah peluncuran situs thefacebook.com kemudian mark zuckerberg memperluas wilayah cakupan facebook bukan hanya untuk mahasiswa facebook saja tetapi juga ke universitas-universitas lain. Dari perkembangan pesat situsnya ini kemudian menarik Sean Parker yang merupakan pendiri Napster untuk berkerjasama dalam membangun facebook. Disini Mark berhasil mendapatkan kucuran dana untuk membangun facebook lebih besar yang kemudian pada bulan juni tahun 2004, Facebook kemudian resmi berkantor di Palo Alto, California. Investasi dari salah satu pendiri paypal yaitu Peter Thiel pertama kali datang pada bulan Juni 2004.

Pada tahun 2005 kata "The" dihapus dan hanya menjadi "Facebook" saja seperti yang kini dikenal sekarang dan dengan nilai 200 ribu dollar Mark Zuckerberg kemudian membeli nama domain facebook.com. Nama Mark Zuckerberg melejit dan mulai menjadi perhatian ketika ia menolak tawaran dari Yahoo yang berusaha membeli facebook dengan harga sebesar 1 Milyar Dollar Amerika. Kemudian dengan nilai sebesar 240 Juta US Dollar, mark zuckerberg kemudian memberikan 1,6% Nilai saham facebook kepada microsoft dimana penawaran dari microsoft kemudian ditingkatkan menjadi 15 Milyar Dollar untuk sejumlah saham di facebook. Sungguh nilai yang fantastis bukaan..?? 

Tahun ke tahun facebook terus berkembang dengan sangat pesan mengalahkan jejaring sosial lainnya seperti friendster dan myspace yang dulu tenar. pengguna Facebook kian hari makin bertambah besar sehingga 10 tahun kemudian tepatnya di tahun 2013 pengguna facebook menembus angka 1 Milyar pengguna aktif menjadikan perusahaan facebook menjadi jejaring sosial terpopuler abad ini. Keunggulan facebook yang mungkin tidak dimiliki oleh jejaring sosial lainnya adalah fitur-fiturnya yang sangat menarik bagi pengguna seperti aplikasi chat, video call, game, dan bayak fitur lainnya yang tak kalah menarik. Sektor periklanan merupakan pendapatan yang paling utama bagi facebook. Ketenaran facebook inilah yang kemudian melejitkan nama Mark Zuckerberg yang merupakan penemu facebook menjadi salah satu orang terkaya di dunia atau milyuner muda di usianya yang masih sangat muda. Hingga kini facebook masih terus berinovasi menghadirkan pengalaman baru bagi penggunanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. :)



Penemu Elektromagnet
Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang penemu elektromagnet yaitu William Sturgeon. William Sturgeon berkebangsaan Inggris, yang lahir pada 22 Mei 1783 di Whittington. Elektromagnetik ditemukan oleh Sturgeon pada tahun 1823. Sebelum membahas lebih jauh tentang penemuan elektromagnetik, kita akan mengulas sedikit perjalanan hidup Sturgeon. Orang tua Sturgeon memiliki pekerjaan yang berbeda-beda, sang ayah bekerja sebagai pembuat sepatu, sedangkan sang ibu suka berburu sehingga jauh dari keluarga. Sejak umur 10 tahun, Sturgeon bekerja menjadi tukang sepatu, namun tidak lama kemudian ia masuk ke angkatan militer tentara. Setelah masuk kedunia militer, ia mendapat inspirasi tentang kilat badai pada saat kapal yang ia tumpangi terkena badai.

Sturgeon menjadi tertarik untuk mengetahui lebih banyak tentang alam. Pada tahun 1804 ia dipindah tugaskan royal artileri, disana ia banyak meminjam buku dan melakukan percobaan dengan menggunakan layang-layang yang diterbangkan untuk menerima sengatan listrik yang berasal dari petir. Karena percobaan tersebut, membuat Sturgeon menjadi terkenal di taruna. Setelah keluar dari militer, Sturgeon melanjutkan study filsafat alam dan kuliah malam jurusan fisika.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiLvELDMPYIDRvkzLBI8AYTwcxRZilWWSjXPnw7QshoUK5sK-KvW54u8RbdvOp_zZlA8HiLfbkGTewlmGyFWfO6AnnCS-wc8AVPiVYKaghTrlzqp87jDhv8m9FrsoiD7ZE9dkxOp51wZW9j/s1600/WILLIARN+STURGEON.jpg
Setelah lulus Sturgeon diangkat menjadi dosen ilmu fisika untuk East India Company’s Military Seminary di Addiscombe, Surrey. Dengan menjadi dosen ia leluasa mendapatkan suntikan dana yang digunakan untuk mengerjakan percobaan kelistrikan. Pada percobaan yang dilakukan, Sturgeon membeli sebuah kumparan kawat pada batang besi yang adapt di aliri listrik, dan hasilnya adalah aliran listrik pada batang besi tersebut mampu menarik serbuk besi yang ada disekitarnya.

Dari percobaan tersebut Sturgeon menyadari bila aliran listrik dapat membentuk medan magnet yang terkonsentrasi pada inti besi. Selanjutnya, ia memamerkan elektromagnet temuannya tersebut pada acara seminar fisika, dan menunjukkan kekuatan medan magnet yang dapat mengangkat 9 pounds serta 7 ons potongan besi yang telah terbungkus oleh kawat, kekuatan tersebut diperoleh dari arus baterai tunggal.

Dengan penemuan tersebut, pada tahun 1825 Sturgeon mendapatkan penghargaan silver dari Royal Society of Art. Setelah berhasil menemukan elektromagnet, Sturgeon juga telah berhasil menemukan kompas modern yang dirancang dengan menggunakan elektromagnet. Sturgeon semakin aktif mengadakan seminar tentang temuannya, hingga pada tahun 1832 ia diangkat menjadi staff pembicara di Adelaide Gallery of Practical Science, London.

Saat menjadi staff pembicara pun ia tetap mendemonstrasikan tentang penggabungan motor listrik DC dengan komutator. Sturgeon mendirikan Journal Annals of Electrity, Magnestism dan kimia pada tahun 1836. Pada tahun itu pula ia telah berhasil menemukan Galvanometer, yaitu sejenis ammeter yang digunakan untuk alat mendeteksi dan mengukur arus listrik melalui kumparan dalam medan magnet.

Sturgeon dibantu dua temannya yaitu J.Peter Gssiot dan Charles Walker memiliki peranan dalam pendirian London Electrical Society pada tahun 1837. Pada tahun 1840 diusia tuanya, Sturgeon masih tetap aktif bekerja sebagai pengawas di Royal Victoria Gallery of Parcical Science yang ada di kota Manchester. Tetapi pada saat gallery tempatnya bekerja tersebut di tutup pada tahun 1942, Sturgeon hanya bekerja sebagai pembicara pada seminar dan mendemonstrasikan beberapa eksperimen yang pernah ia temukan. Sturgeon tutup usia pada tahun 1850 di usia 67 tahun di Prestwich, Lancashire, Inggris.

Ia pernah menikah dua kali dan mengadopsi seorang anak perempuan. Demikian ulasan tentang penemu elektromagnet yaitu William Sturgeon. Semoga segala kerjakerasnya dapat menginspirasi kita untuk terus berusaha menemukan sesuatu yang dapat berguna untuk orang banyak.




Penemu Bom Atom - Julius Robert Oppenheim
Julius Robert Oppenheimtercatat sebagai penemu Bom atom, dia merupakan ilmuwan dalam bidang fisika, Tahun 1930-an menjadi awal keterlibatan Oppenheimer dalam dunia fisika atom dan nuklir. Oppenheimer banyak menyumbangkan pikiran dalam fisika atom dan nuklir, termasuk pikiran mula mengenai bintang neutron dan lubang hitam yang sudah diabaikan astronom dalam jangka waktu yang lama. Oppenheimer secara jelas menyumbangkan pemikirannya karena ia menentang kebangkitan kekuasaan fasisme pada era itu. Apalagi di tahun 1939, Amerika mengetahui kalau Jerman berhasil memisahkan inti atom dan mengembangkannya menjadi senjata luar biasa.

Maka, untuk menandingi kekuatan Jerman itu, tahun 1941 Presiden Roosevelt membentuk Proyek Manhattan dan menunjuk Julius Robert Oppenheimer sebagai direkturnya. Dalam melaksanakan tugasnya, Oppenheimer mengembangkan bom atom berikut senjata lain di markas penelitian Los Alamos, New Mexico. Penelitian lain juga berlangsung di Columbia University, University of Chicago, dan Oak Ridge, Tennessee. Saat penelitian, Oppenheimer mengundang para ahli fisika papan atas. Mereka diajak bekerjasama membuat bom atom. Dari sekian banyak ahli fisika yang hadir, akhirnya terpilih 3000 orang untuk dijadikan satu tim yang diketuai Oppenheimer.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6zaU_0NS4nKC_JWCxK8gZz5A7c79I1EdsfzgphahxClmyC2gVMWEshuR7HhF7orJShKHNTmPT9r7ab2vjsu_8UI1t60JiN2MtqQUnYkvuMSLwy_Xzn7mjUWJKnGFUhzoLxqaqQVrYlNkV/s1600/julius+r.op.jpg

Tanggal 16 Juli 1945 atau setelah 3 tahun bekerja keras melakukan penelitian, Oppenheimer menyaksikan uji coba ledakan bom atom pertama di gurun New Mexico. Banyak orang menilai, ledakan itu bakal merubah sejarah dunia untuk selamanya. Terbukti, selang sebulan setelah uji coba ledakan, dua bom atom menghanguskan Hirosima dan Nagasaki, membunuh ratusan ribu orang. Keadaan ini membuat Jepang harus menyerah dan mundur dari PD II pada tanggal 10 Agustus 1945. Meski dikecam kejam karena telah membunuh ratusan ribu jiwa, bom atom temuan Oppenheimer tetap memiliki dampak positif, karena mampu mengakhiri PD II yang sudah berlangsung lama.

Setelah Bom Atom Di Jatuhkan, Oppenheimer menyesali pekerjaannya dan menyerukan agar energi atom digunakan untuk kepentingan damai. Ia kemudian dipertanyakan kesetiaanya dan kredibilitasnya dan diajukan ke sidang pemeriksaan untuk pejabat tinggi AS dan mengakibatkan jabatannya untuk penasehat pemerintah di bidang keamanan dilepas. Banyak ilmuwan yang merasa tidak puas pada tindakan yang timbul pada saat histeria nasional yang dipimpin senator Joseph Raymond McCarthy (namun kemudian dinyatakan salah).

Ketika perang usai, Oppenheimer tetap aktif dalam bidang ini. Ia pun terpilih sebagai ketua Komisi Energi Atom Amerika Serikat. Sayang Oppenheimer tak mulus, ini berkaitan dengan sikapnya yang menentang pengembangan bom hydrogen kekuatannya lebih dahsyat dari bom atom. Oppenheimer dianggap berkhianat,ia pun di adili pada tahun 1953. Meski tidak terbukti bersalah, perlindungan keamanan dan kontraknya sebagai penasehat bagi Komisi Energi Atom tetap dicabut. Tak patah arang, Oppenheimer tetap berkarir dan bersemangat.

Dia melanjutkan karirnya sebagai pendidik pada “the academic post of director of the Institute of Advanced Study at Princeton University”. Puncaknya di tahun 1963, Presiden Lyndon B. Johnson menyerahkan penghargaan “Enrico Fermi Award” dari Komisi Energi Atom. Tiga tahun setelah menerima penghargaan itu, Julius Robert Oppenheimer harus pensiun karena terkena kanker tenggorokan. Tahun 1967 ia meninggal dalam usia 63 tahun. Melalui bom atom, Julius Robert Oppenheimer merubah sejarah dunia untuk selamanya.

Sumber :

- http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/09/biografi-julius-robert-oppenheimer.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar